Tutorial: Mengaktifkan SWAP di Xiaomi Redmi 1S

Setelah sebelumnya menyiapkan SDCard sebagai bahan partisi SWAP, selanjutnya adalah membuat system android mengenali partisi yang kita buat tersebut agar bisa digunakan. SWAP dapat dilakukan dengan menggunakan file swap di sdcard, file swap di internal storage atau partisi swap di sdcard, Yang kita bahas dalam tutorial ini adalah SWAP yg menggunakan sebagian kecil partisi di SDCard. Silahkan baca tutor sebelumnya tentang Cara Mempartisi SDCard utk kepentingan SWAP ini.


Syarat utama utk mengaktifkan SWAP adalah hp android harus sudah dalam kondisi ROOT. Syarat ini mutlak, karena kita akan bermain dengan system android.

Bahan yang diperlukan

  • SDCard yang telah memiliki partisi SWAP.
  • Terminal Emulator. Silahkan download dari Playstore.

Cara mengaktifkan SWAP:

  1. Pastikan SDCard sudah terpasang di hp android anda.
  2. Nyalakan hp dan jalankan Terminal Emulator.
  3. Ketik dan enter "su" untuk mendapatkan akses ROOT. Pastikan Security meng-allow permintaan ROOT ini.
  4. Ketik dan enter "cat /proc/partitions". Periksa ulang bahwa disitu telah muncul "mmcblk1p2" yg mengidentifikasikan bahwa ada partisi ke-2 di sdcard. Dan pastikan partisi inilah dimana anda bikin linux swap.
  5. Ketik dan enter "dd if=/dev/zero of=/dev/block/mmcblk1p2" untuk mengkosongkan isi partisi linux swap.
  6. Ketik dan enter "mkswap /dev/block/mmcblk1p2" untuk menjadikan partisi tersebut sebagai SWAP.
  7. Ketik dan enter "swapon /dev/block/mmcblk1p2" untuk mengaktifkannya.
  8. Ketik dan enter "busybox free" untuk melihat bahwa swap sudah ada value-nya dan itu membuktikan bahwa swap sudah aktif.

Catatan:

  • Tutor ini merupakan cara mengaktifkan SWAP secara manual. 
  • Untuk selanjutnya anda tinggal mengetikan "swapon /dev/block/mmcblk1p2" di Terminal Emulator setelah reboot atau ketika baru menyalakan hp dari kondisi mati. Artinya SWAP otomatis mati ketika power off atau reboot. 
  • Ada cara yang lebih praktis lagi yaitu mengotomatisasi pemanggilan swapon dengan menggunakan init.d scripting. Tapi cara ini saya sisakan untuk lain waktu saja.

Selamat mencoba!

Source: Blog WHMod

0 comments