Mengenal Istilah Odex dan Deodex

Bagi sobat yang sering ngoprek ROM Android tentunya sudah tidak asing lagi dengan 2 istilah ini, yaitu "Odex" dan "Deodex". Namun tidak menutup kemungkinan diantara sobat ada yang tidak tau arti dari 2 isitlah tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit untuk memberikan pencerahan buat sobat opreker.

Odex dan Deodex

ODEXED

Jika sobat masih menggunakan stockrom pastinya rom yang sobat pakai masih odexed, maka sobat akan menemukan banyak file dengan ekstensi .odex pada folder system app. Sebagai contoh sobat akan menemukan file MMS.apk dan kemudian file MMS.odex di bawahnya. Odex sendiri merupakan singkatan dari "Optimized Dalvik Executable File". File ini berfungsi untuk mengatur struktur sistem yang berisi informasi mengenai suatu aplikasi seperti informasi start up, pemakaian dan lainnya. file ini akan mengizinkan sistem Android untuk mengakses berbagai macam informasi tersebut tanpa perlu mengakses file intinya (.apk) dan kemudian mengambilnya dari file tersebut. file odex ini kemudian secara otomatis dimuat ke dalvik cache, sehingga sistem Android anda akan bekerja jauh lebih cepat. Itulah kenapa sobat diharuskan untuk membersihkan dalvik cache ketika akan menginstal ROM baru karena dalam dalvik cache tersebut banyak informasi yang berkaitan langsung dengan performa sistem Android.

DEODEXED

Berbanding terbalik dengan odexed ROM, pada deodexed ROM semua informasi dari sebuah aplikasi tersimpan pada file .apk nya. Berbagai informasi yang biasanya ada pada file .odex tersebut di simpan pada apk dengan nama classes.dex. dengan begitu, pada sebuah deodexed ROM, Anda tidak akan menemukan file berekstensi .odex pada folder system app.

Sampai disini dulu penjelasannya, nanti saya lanjutkan kembali ^_^

0 comments